Rabu, 25 Desember 2013

Jebol FB Hajriyanto Thohari, Nurhamdi Mengakui Perbuatan ke Sepupu


Kamis, 26/12/2013 11:46 WIB

Jebol FB Hajriyanto Thohari, Nurhamdi Mengakui Perbuatan ke Sepupu

Nograhany Widhi K - detikNews
Jakarta - Nurhamdi Irawan Pulungan, pemuda dari Asahan, Sumatera Utara kini ditahan Polda Metro Jaya karena menjadi tersangka penjebol Facebook Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari. Nurhamdi ternyata mengakui perbuatan ke sepupu dan memiliki firasat akan ditahan beberapa hari sebelum dia benar-benar ditahan.

"Dia pernah termenung, dan punya firasat bakal ada polisi yang datang menjemput, itu sebelum ditahan. Dia bilang sama sepupu saya satu lagi, 'Diam-diam saja yah, Wakil Ketua MPR, kujebol passwordnya'. Sepupu saya itu mengingatkan, 'Hei, hati-hatilah kau'," kata sepupu Nurhamdi, Ari Pandanu ketika dihubungi detikcom, Kamis (26/12/2013.

Ari sempat menjenguk Nurhamdi saat ditahan di Polres Asahan. Saat itu, Nurhamdi diam saja dan baru menjawab kalau ditanya.

"Kenapa kau mesti jebol Wakil Ketua MPR?" tanya Ari pada sepupunya itu yang lantas dijawab, "Cuma iseng".

Nurhamdi kepada Ari mengaku diinterogasi tentang password FB, pekerjaan sehari-hari. Polisi juga menyita HP dan laptop yang dipakai Nurhamdi.

Ari mengatakan Nurhamdi ditahan polisi pada 24 Desember 2013 sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu Nurhamdi sedang berada di warung mie dan jagung bakar di depan gang rumah neneknya. Nurhamdi kemudian ditahan di Polres Asahan kemudian diterbangkan ke Jakarta pada 25 Desember 2013 malam.

"Pada saat ditahan saya nggak sama dia. Dia udah ditangkap dan jadi tahanan titipan di Polres Asahan," kata Ari yang kemudian menjenguk di tahanan Polres Asahan.



Ikuti berbagai informasi menarik di "Reportase Spesial Akhir Tahun" Trans TV pukul 15.45 WIB

(nwk/gah)








Jakarta - Aparat Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap pembobol akun Facebook Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari. Saat ini tersangka bernama Nurhamdi Irawan Pulungan (29) masih diperiksa intensif penyidik di Polda Metro Jaya.

Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Edy Suwandono saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersangka.

"Iya betul, kita tangkap yang bersangkutan atas tindak pidana pembobolan akun Facebook milik Wakil Ketua MPR, Pak Hajriyanto Thohari," ujar Edy saat dihubungi detikcom, Kamis (26/12/2013).

Informasi dikumpulkan detikcom, tersangka ditangkap di Jalan Tjokroaminoto, Kisaran Timur, Asahan, Sumatera Utara tanggal 24 Desember 2013 malam lalu.

Edy mengungkapkan, sebelumnya pihaknya mendapat laporan dari Hajriyanto pada tanggal 12 Desember 2013 lalu. Dalam laporannya itu, Hajriyanto melaporkan pembobolan terhadap akun Facebooknya yang digunakan untuk hal-hal yang merugikan dirinya.

"Kemudian laporan beliau kita tindaklanjuti, lalu kita mengetahui keberadaan tersangka di Asahan," ungkapnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).








Jakarta - Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari kapok punya akun facebook. Pangkal musababnya sudah dua kali akun facebook yang dia gunakan menyapa sahabat dan konstituennya itu dibajak pihak yang tak bertanggung jawab. Setelah membajak pelaku meminta pulsa ala 'mama minta pulsa'

"Saya kapok nggak akan buat akun FB lagi. Dua kali dibajak," kata politisi Golkar ini saat berbincang dengan detikcom, Senin (2/12/2013).

Politisi yang akrab disapa Anto ini menuturkan, serangan ala 'mama minta pulsa' ini cukup merepotkan. Bahkan dia mesti membuat pengumuman di akun twitter @hadjriyanto miliknya.

Isinya memberitahu bahwa akun facebook miliknya kena bajak. Akun facebook itu memang meminta pulsa kepada kolega sahabatnya di facebook.

"Iya berhenti pakai facebook, kapok," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar